Survey Pelayanan Publik
Kualitas pelayanan publik merupakan sebuah indikator utama dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik, mulai pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Untuk itu dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, pemerintah menetapkan kebijakan untuk melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat bagi instansi penyelenggara pelayanan publik.
Berdasarkan Permenpan No. 16 Tahun 2014, Survei Kepuasan Masyarakat adalah pengukuran secara komprehensif kegiatan tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat. Melalui survei ini diharapkan mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan serta mendorong penyelenggara pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan melakukan pengembangan melalui inovasi-inovasi pelayanan publik.
Ruang lingkup survei kepuasan masyarakat ini didasarkan pada UU Pelayanan Publik yakni persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan, dan penanganan pengaduan, saran serta masukan.
Survei Kepuasan Masyarakat atau SKM harus dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik secara berkelanjutan sebagai dasar peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik dengan jangka waktu minimal 1 tahun sekali. Hasil survei tersebut kemudian dipublikasikan kepada masyarakat melalui media massa, website, dan media sosial baik dalam bentuk skoring/angka absolut, atau dapat pula disajikan dalam bentuk kualitatif (baik atau buruk).
No | LAPORAN | Tautan |
Tahun 2019 | ||
01 | Laporan Survey Kepuasan Masyarakat | lihat |
Tahun 2020 | ||
01 | Laporan Survey Kepuasan Masyarakat | lihat |
Tahun 2021 | ||
01 | Laporan Survey Kepuasan Masyarakat | lihat |
02 | Laporan Indeks Persepsi Anti Korupsi | lihat |
Tahun 2022 | ||
01 | Laporan Survey Kepuasan Masyarakat | lihat |
02 | Laporan Indeks Persepsi Anti Korupsi | lihat |
Tahun 2023 | ||
Tahun 2023 - Triwulan I | ||
01 | Laporan Survey Kepuasan Masyarakat | lihat |
02 | Laporan Indeks Persepsi Anti Korupsi | lihat |
Tahun 2023 - Triwulan II | ||
01 | Laporan Survey Kepuasan Masyarakat | lihat |
02 | Laporan Indeks Persepsi Anti Korupsi | lihat |
Tahun 2023 - Triwulan III | ||
01 | Laporan Survey Persepsi Kualitas Pelayanan | lihat |
02 | Laporan Survey Persepsi Anti Korupsi | lihat |
Tahun 2023 - Triwulan IV | ||
01 | Laporan Survey Persepsi Kualitas Pelayanan | lihat |
02 | Laporan Survey Persepsi Anti Korupsi | lihat |
Tahun 2024 | ||
Tahun 2024 - Triwulan I | ||
01 | Laporan Survey Persepsi Kualitas Pelayanan | lihat |
02 | Laporan Survey Persepsi Anti Korupsi | lihat |
03 | Laporan Survey Kepuasan Masyarakat | lihat |