Header Nph1111

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Ngamprah...... Anda berada di kawasan ZONA INTEGRITAS menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Pengadilan Agama Ngamprah, Kami Bersih, Anda Bersih, Kita Semua Bersih !!!

Written by Najid Aufar on . Hits: 45

Langkah Yang Diambil PA Ngamprah Dalam Membumikan E-Court

Kepada Masyarakat Pencari Keadilan

WhatsApp Image 2021 11 25 at 05.25.04

Mahkamah Agung Republik Indonesia sejak tahun 2018 mulai memperkenalkan pengadilan online. Inovasi ini memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk corebussinessdi Mahkamah Agung dan seluruh peradilan di bawahnya. Melalui Peraturan Mahkamah Agung (PermaNomor 3 Tahun 2018 ini, MA memulai era digitalisasi peradilan guna merespon tuntutan zaman dan masyarakat.

 

Perma Nomor 3 Tahun 2018 ini memungkin masyarakat untuk mendaftarkan, membayar perkara, dan mendapatkan panggilan sidang secara elektronik. Ada lompatan besar yang berhasi diraih Mahkamah Agung dalam program digitalisasi ini. Bagaimana tidak, domisili para pihak yang dulunya harus disampaikan secara langsung dengan surat kepada para pihak atau desa, melalui Perma tersebut domisili dapat diubah menjadi domisili elektronik yang memanfaatkan alamat surat elektronik (e-mail).

 

Lompatan besar kemudian berlanjut pada pelaksanaan persidangan secara online. Melalui Perma Nomor 1 Tahun 2019, para pihak pencari keadilan memungkinkan melakukan persidangan secara online(e-litigasidan tidak perlu lagi harus datang ke pengadilan. Persidangan cukup dilakukan melalui aplikasi e-court dan dapat menggunakan telekonferensi.

 

Bagi kalangan advokat, inovasi dari Mahkamah Agung ini sudah menjadi sangat familiar. Hal ini lantaran e-court memang mempermudah dan menghemat biaya dalam beracara di pengadilan. Akan tetapi bagi masyarakat awam, e-court ini belum menjadi perhatian tersendiri. Hal ini dapat dimaklumi, karena masyarakat dalam berhubungan dengan pengadilan tidak banyak dan tentu dengan frekuensi yang lebihrendah dibanding dengan advokat. Akibatnya, masyarakat awam yang beracara dengan elektronik di pengadilan pun tidak banyak, padahal setidaknya terdapat 7 keuntungan yang didapat, kalau Anda beracara secara elektronik di pengadilan.

 

Menyikapi hal demikian, PA Ngamprah berinisiatif membumikan e-court kepada masyarakat pencari keadilan dengan 5 (lima) langkah berikut ini.

 

  1. 1. Melakukan Sosialisasi Bersama Meja Informasi dan Posbakum

Meja informasi dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) merupakan ujung tombak pelayanan di PA Ngamprah karena termasuk bagian terdepan yang berurusan langsung dengan para pihak. Oleh karenanya meja infromasi dan posbakum menjadi garda terdepan dalam membumikan e-court pada masyarakat. Meja informasi dan Posbakum menjadi bagian yang paling awal bertemu dengan pihak.

Melalui petugas informasi dan bagian Posbakum, PA Ngamprah akan melakukan filterisasi mana pihak yang sudah “melek IT”. “Bagi pihak yang dirasa sudah melek IT, akan langsung diarahkan untuk mendaftarkan sebagai pengguna lain di e-court.” jelas KhomsanahAmd.T, petugas pojok e-court PA Ngamprah.

 

  1. 2. Pembuatan Broshur tentang E-Court

Broshur merupakan media efektif dalam menjelaskan permasalahan yang bersifat teknis dan merinci. Begitu juga dalam rangka membumikan e-court kepada masyarakat. Penjelasan secara terperinci dan tertata rapi dibuat dalam bentuk broshur agar dapat dipahami dengan mudah oleh masyarakat.

Ada hal yang menarik dari broshur tersebut. Khomsanah sebagai petugas di pojok e-court melakukan sebuah inovasi dalam pembuatan broshurBroshur, khususnya tentang e-court, tidak saja dibuat dalam bentuk hardcopy berupa cetakan, tetapi juga dibuat dengan konsep digital. Broshur dikemas secara menarik dan diletakkan di website PA Ngamprah yang kemudian dilengkapi dengan barcodeuntuk mempermudah masyarakat dalam mengakses broshur tersebut.

WhatsApp Image 2021 11 25 at 05.26.08

  1. 3. Penyediaan Pojok E-Court

Pojok e-court menjadi pusat informasi tentang layanan e-court di PA Ngamprah. Pojok e-court di PA Ngamprah berada satu lokasi di ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan dilengkapi satu petugas pojok e-court, yakni Khomsanah. Sebagai petugas pojok e-courtKhomsanah tidak saja memberikan penjelasan dan informasi tentang persyaratan, prosedur, biaya dan hal-hal lainnya mengenai layanan e-court. Lebih dari itu, petugas pojok e-court akan membantu mendaftarkan akun pengguna lain dan memandu pendaftara perkara melalui e-court.

“Alhamdulillah selama ini lancar saja. Belum ada kendala yang serius. Hanya masalah jaringan dan sistem yang terkadang eror. Insya Allah kami siap membantu semaksimal mungkin kepada para pihak, khususnya pengguna lain, dalam penggunaan e-court.” ujar KhomsanahA.Md.T. petugas pojok e-court PA Ngamprah.

WhatsApp Image 2021 11 25 at 05.23.54 1

 

  1. 4. Pembuatan Formulir Online untuk Permohonan Pendaftaran E-Court

Formulir online untuk permohonan pendaftaran e-court ini merupakan salah satu inovasi dari PA Ngamprah dalam pelayanan pendaftaran pengguna lain e-court. Untuk dapat mendaftarkan menjadi pengguna lain di e-court, berdasarkan peraturan yang ada, mengharuskan para pihak datang sendiri ke pojok e-court. Oleh karena itu, inovasi formulir online ini menjadi penting.

Formulir online ini dilengkapi dengan barcode yang dapat dipindai dengan kamera ponsel. Barcode ini diletakkan di pojok e-court, sehingga para pihak harus pernah hadir ke pojok e-court untuk dapat mengajukan permohonan pendaftaran. Tetapi tentu dengan kemudahan yang didapat.

Pernah suatu ketika, ada seseorang yang hendak mendaftar akun pengguna lain e-court sewaktu jam istirahat. Karena saya sedang makan siang, saya berikan informasi pentingnya dan kemudian menyarankan yang bersangkutan untuk mengisi formulir online untuk keperluan pendaftaran akun pengguna lain. Dan alhamdulillah yang bersangkutan bisa, dan mungkin sekarang perkaranya sudah putus.” cerita Khomsanah.

WhatsApp Image 2021 11 25 at 05.23.54

 

  1. 5. Menyediakan Call Center untuk E_Court

Callcenter untuk e-court menjadi urgen. Hal ini karena e-court merupakan pelayanan yang memanfaatkan teknologi informasi yang mengurangi adanya tatap muka. Teknologi informasi tentu tidak bisa lepas dari adanya gangguan atau kendala teknis. Disinilah fungsi callcenter e-court menjadi pusat informasi ketika terjadi kendala dalam sistem e-court.

PA Ngamprah menyediakan callcenter tersebut. Callcenter ini menyatu dengan layanan SinopakPA Ngamprah.

WhatsApp Image 2021 11 25 at 05.25.26

 

Inilah 5 (lima) langkah yang diambil PA Ngamprah untuk membumikan e-court kepada masyarakat pencari keadilan. Alhamdulillah sampai dengan tanggal 24 November 2021, di aplikasi e-court PA Ngamprah terdapat 59 orang yang terdaftar sebagai pengguna lain e-court. Insya Allah ke depannya akan terus ditingkatkan sosialisasi e-court kepada masyarakat pencari keadilan guna mewujudkan asas cepat, sederhana, dan biaya ringan. (Aufar)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA NGAMPRAH

Ngamprah Kabupaten Bandung Barat

Telp: 022 - 20679080
Fax: 022 - 20679137 

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.