Header Nph1111

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Ngamprah...... Anda berada di kawasan ZONA INTEGRITAS menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Pengadilan Agama Ngamprah, Kami Bersih, Anda Bersih, Kita Semua Bersih !!!

Web Banner 2 min

Written by Super User on . Hits: 24

Selasa, 26-04-2022 | Bismillahirahmanirrahim. Alhamdulillah telah sampai hari ke 25-26 bulan Ramadhan 1443 H.

Selalu ada ilmu yang dapat diserap dalam kuliah 7 menit (kultum) yang dilaksanakan di Pengadilan Agama (PA) Ngamprah. Hari ini adalah program kultum PA Ngamprah yang terakhir di bulan suci Ramadhan, yang dibawakan oleh Yang Mulia Ustadz Rivaldi Fahlepi, S.H.

Dalam tausiyahnya siang ini, beliau menyampaikan mayoritas masyarakat di Indonesia saat ini sedang banyak menyiapkan perbekalan untuk menyambut hari nan fitri atau liburan panjang. Hari libur yang ditentukan pemerintah ini layaknya moratorium silaturahmi sekaligus piknik bagi masyarakat Indonesia. Perbekalan pokok umat Islam dalam menyambut hari 1 Syawal 1443 H, harus dilandasi rasa iman kepada Allah Subhanahuwata’ala, sebagaimana terkandung dalam Quran Surat Al Baqarah ayat 185 [2:185], yang artinya adalah sebagai berikut:

‘Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.’

Singkat kata, dari ayat tersebut dapat diambil tiga makna utama dalam meraih ridhoi Allah Subhanahuwata’ala di 1 Syawal 1443 H:

  1. Sempurnakan bilangan dalam berpuasa. Bulan suci Ramdhan, bulan suci untuk umat Islam berpuasa telah ditetapkan durasinya, maka hendaknya umat Islam berpuasa pada waktu dan cara yang telah ditentukan dalam Quran dan Hadis;
  2. Sempurnakan semangat ibadah. Tolak ukur keberhasilan ibadah umat Islam di bulan Ramadhan adalah pelaksanaan ibadahnya di bulan bulan setelah bulan Ramadhan. Hal-hal baik yang kita lakukan di bulan Ramadhan, pantaslah kita lanjutkan di bulan-bulan setelahnya. Setiap hal baik tersebut diumpamakan oleh Ustadz Rivaldi sebagai suatu ongkos umat Islam meraih fitrah. Diumpamakan lagi oleh Beliau, ‘saat kita hendak melaksanakan mudik, kita harus cukup ongkos untuk sampai kampung tercinta, tidak hanya ongkos transportasi yang harus kita cukupkan, namun juga ongkos kesehatan dan ongkos-ongkos lainnya demi kelancaran rencana mudik. Nah, begitu juga kalau kita menuju hari kemenangan, 1 Syawal 1443 H, ongkos kita harus cukup agar di 1 Syawal tersebut dapat kembali fitrah di hadapan Allah Subhanahuwata’ala. Kebiasaan-kebiasaan lama yang kurang bagus harus kita tinggalkan dan harus kita ganti dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang telah kita biasakan di bulan Ramadhan.’
  3. Bersyukur. Salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Sang Pencipta adalah mengagungkan nama-Nya dengan tulus dan hanya dengan mengharap ridho-Nya. Ungkapan syukur itu bisa bermacam-macam bentuknya, ucap Ustadz Rivaldi. Kita sedekah, berbagi rezeki dengan orang lain, itu salah satu bentuk syukur. Kita mudik menegok orangtua atau saudara-saudara di kampung halaman itu juga bagian dari bersyukur.

Seluruh pelaksanaan ibadah yang kita lakukan semata-mata karena Allah Subhanahuwata’ala di bulan Ramadhan ini adalah ongkos kita dalam menyambut 1 Syawal 1443 H. Semoga kita semua punya ongkos yang lebih dari cukup untuk menyambut hari nan fitri.

Demikian kalimat penutup yang disampaikan Ustadz Rivaldi yang kemudian diaminkan seluruh peserta kultum.

Aamiin aamiin ya Rabbal’alamin.

Add comment


Security code
Refresh

Aplikasi Kami

LOGO SINOPAK LOGO HIPERMARI LOGO KBB ADIL LOGO LIVE STREAMING ANTRIAN

 

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA NGAMPRAH

Ngamprah Kabupaten Bandung Barat

Telp: 022 - 20679080
Fax: 022 - 20679137 

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.